SALAM PAPUA (TIMIKA) - Setelah mendapatkan coaching clinic dengan tim Borussia Dortmund Legends dan menjalani friendly match dengan beberapa akademi sepak bola yang berdomisili di area Jabodetabek, Papua Football Academy (PFA) yang didukung PT Freeport Indonesia (PTFI) siap menunjukkan kemampuan terbaiknya di turnamen kompetisi Asian Soccer Championship (ASC) Super Copa U-14 2023.

ASC Super Copa U-14 2023 masuk dalam agenda utama kunjungan PFA ke Jakarta sejak 6 September 2023.

Diadakan mulai Jumat, 29-30 September 2023 di Lapangan PSF Jakarta, The Boys, sapaan akrab siswa PFA akan berhadapan dengan 7 tim lainnya yang berasal dari berbagai daerah, yakni Turf City (Singapura), BPS Sidoarjo, Putra LBK, Babek, Lampung Talent, Batalyon FC, dan Bogor Timur.

Selama di Jakarta, siswa PFA tetap menjalani latihan seperti biasa setiap harinya. Tentu, hal ini juga ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan untuk menghadapi turnamen untuk kelompok usia 14 tahun ini.

Dalam rilis yang diterima salampapua.com, Pelatih Kepala PFA, Ardiles Rumbiak mengatakan bahwa pengalaman berharga adalah target dan prioritas utama dalam turnamen ini.

“Kami sudah hampir sebulan di Jakarta dan sudah melawan tim di Jakarta untuk menjadi bahan evaluasi dan persiapan turnamen besok. Kami ingin melihat perkembangan anak-anak yang sudah setahun ini bersama kami. Menang itu bonus, yang terpenting adalah anak-anak bisa menjadikan turnamen ini adalah pengalaman yang berharga untuk proses mereka dalam meniti karier sebagai pesepak bola,” ungkap pesepakbola yang pernah meraih juara Liga Indonesia bersama Persipura Jayapura ini.

Sementara pelatih fisik PFA, Hugo Oceano Gilang mengungkapkan bahwa kompetisi ini juga ditandai sebagai uji coba mental dan fisik siswa PFA yang memang sengaja ditempa dalam satu tahun terakhir.

“Terkait persiapan kami untuk mengikuti turnamen, kami melakukan beberapa uji coba dengan beberapa klub untuk mengetahui peta kekuatan lawan di area Jakarta dan Bekasi. Sejauh ini, mereka punya pengalaman yang baik selama uji coba. Sebelum kejuaraan ini kami juga sudah siapkan recovery untuk turnamennya.” tutur Coach Hugo.

Menambahkan yang disampaikan Coach Hugo, Melky Papare, yang akrab disapa Coach Melky, juga menyampaikan bahwa turnamen ini penting untuk latihan mental para siswa.

“Yang paling penting adalah persiapan mental untuk anak-anak di turnamen nanti. Jadi kami fokus mempersiapkan mental mereka dan juga kesiapan mereka dari cedera,” ujar Asisten Pelatih Kepala ini.

Tidak hanya pelatih, dari sisi analis pun sudah melakukan persiapan terbaik untuk turnamen ini. Atma Winanda, video analis dari PFA pun turut menegaskan hal itu.

“Dari segi analis, kami sudah menganalisis permainan dari tim-tim yang akan kita lawan nanti di turnamen. Mereka sudah bisa memahami dengan baik di kelas tapi kita tetap berharap yang terbaik untuk nanti mereka di lapangan,” tutup Coach Atma.

Editor: Jimmy