SALAM PAPUA (TIMIKA) – Komisi C DPRD Mimika melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Selasa (12/9/2023), dalam fungsi pengawasan khususnya untuk penyerapan anggaran hingga saat ini yang masih rendah.

Ketua Komisi C DPRD Mimika, Aloysius Paerong mengatakan, Kunker tersebut untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya penyerapan anggaran Dinas Sosial dari APBD Mimika tahun 2023.

“Anggaran yang diserap baru 40 persen dari kurang lebih Rp 29 Miliiar, ini sangat menjadi perhatian kita di Komisi C,” ujarnya.

Bahkan diketahui penyerapan 40 persen itu merupakan kegiatan rutin yang tidak ada catatan terperinci terkait program yang menyentuh masyarakat.

“Kebanyakan penyerapan hanya untuk belanja rutin, pembayaran gaji, pembelanjaan Dinas, tidak ada data yang kita lihat untuk masyarakat,” tambahnya.

Pihaknya pun meminta kepada Kepala Dinas Sosial agar segera memberikan data lengkap terkait kegiatan yang menyentuh kemasyarakat.

“Kita minta data lengkapnya terkait dengan persoalan sosial di masyarakat, contohnya di setiap Distrik mempunyai persoalan sosial seperti apa, berapa jumlah KK yang harus dibantu sehingga itu juga bisa menjadi dasar untuk penyusunan anggaran berikutnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Marthen Malissa pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan dan mempresentasikan langsung data lengkap kegiatan yang akan dilaksanakan Dinsos.

“Kami akan menyiapkan data lengkapnya dalam 4 hari, memang kegiatan kita ini tidak dalam bentuk proyek tapi kami langsung memberikan bantuan kepada masyarakat, contoh seperti kebakaran dan lain-lain, hanya saja kita menjadikan satu datanya,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy