SALAM PAPUA (TIMIKA) – Bamanat Training Center (BTC), sebuah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang berada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, tepatnya di ruko pelangi belakang Grapari Telkomsel jalan Hasanuddin Timika, mengembangkan sumber daya manusia dalam hal pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan kepribadian (personality) yang siap menjadi pekerja mandiri (wiraswasta) dan karyawan di industri.

Kepala sekolah BTC, Robert Agus Kubiari mengungkapkan bahwa ada 5 bidang kompetensi yang dilatih di BTC yakni K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Dasar, Millwright (Mekanikal Industri), Assistant Millwright, Rigger & Over Head Crane, dan Welder (tukang las).

Adapun hal-hal pokok untuk K3 adalah peserta dilatih untuk mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, kemudian merawat dan menjaga material serta peralatan agar tetap baik dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Untuk program pelatihan Millwright dan Assistant Millwright, peserta dilatih secara teori dan praktik mengenai cara membaca gambar kerja, pengenalan alat-alat ukur, peralatan mekanikal, aligment/penjajaran poros shaft, pompa, conveyor, valve, genzet, compressor, chusher, ball mill, dan lain-lain.

Untuk program pelatihan Rigger & Over Head Crane, peserta dilatih secara teori dan praktik untuk menggunakan pesawat angkat (Over Head Crane), menjadi signalman (pemberi aba-aba), Rigger (Juru Ikat) dan Tags-Lines (penuntun material) yang profesional dan bertanggung jawab.

Dan untuk program pelatihan Welder khususnya Posisi 3G & 6G, peserta dilatih secara teori dan praktik untuk menjadi Tukang Las yang profesional serta bertanggung jawab, juga mengenal beberapa jenis pengelasan, mesin las, kampuh las, electroda dan juga cacat las.

“Untuk 1 program pelatihan K3 dan 4 program pelatihan teknik, semuanya akan menjadi bagian dari persyaratan untuk melamar sebagai karyawan di PTFI dan kontraktor yang bekerja di lingkungan PTFI. Aturan BTC untuk mendapatkan sertifikat, jika kehadiran pada teori, praktik, serta kepribadiannya dinyatakan lulus dan juga sertifikatnya dapat diambil jika telah melunasi administrasi,” ungkap Robert.

BTC mengajak baik dari 2 suku dan 5 suku kekerabatan di Mimika, serta orang Papua secara keseluruhan maupun secara umum untuk bergabung dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, yang mungkin selama ini terpendam, agar berkompeten di bidangnya secara mandiri dan menjadi pekerja yang profesional.

Editor: Jimmy