SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Ketahanan Pangan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,5 Miliar untuk subsidi harga kebutuhan pokok masyarakat, melalui program operasi Pasar Murah yang telah dilakukan dan sedang berjalan selama tahun 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mimika, Yulius Koga mengatakan, dalam APBD-P Mimika pihaknya diberikan anggaran sebesar Rp 3 Miliar untuk program Pasar Murah.

Program pasar murah ini bertujuan untuk membantu meringankan beban kebutuhan ekonomi masyarakat, terlebih setelah adanya dampak dari kenaikan harga bahan pokok beberapa waktu lalu.

“Untuk di APBD induk program Pasar Murah dianggarkan Rp 1,5 Miliar, sementara di APBD-P di tambahkan Rp 3 Miliar,” ujarnya kepada salampapua.com, Jumat (6/10/2023).

Adapun kegiatan pasar murah akan digelar kembali pada Sabtu (7/10/2023) di Halaman Gedung Emeneme Yauware.

Dalam hal ini, Dia mengungkapkan bahwa pasar murah kali ini diselenggarakan sekaligus menyambut ulang tahun Kabupaten Mimika.

“Dengan Operasi Pasar Murah bersubsidi ini diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pasar murah ini nantinya akan digelar 2 kali dalam 1 Minggu dari bulan Oktober hingga Desember mendatang.

“Sebelumnya kita lakukan pasar murah 1 bulan 2 kali, namun karena anggaran naik maka kita buat 1 Minggu 2 kali,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy