SALAM PAPUA (TIMIKA) – Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Jefri Deda mengatakan bahwa pihaknya telah melatih 25 Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pengolahan sampah menjadi kompos, yang mana pengolahan kompos tersebut akan bekerjasama dengan Divisi Lingkungan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Jefri menjelaskan, nantinya pengolahan pupuk kompos dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Iwaka yang memanfaatkan sisa makan dan humus (Daun busuk).

“Mereka dilatih sejak Januari 2023. Rencananya kompos yang sudah dibuat akan diuji di laboratorium terlebih dahulu untuk melihat kandungan dalam kompos agar sesuai peruntukanya,” ujarnya kepada salampapua.com, Jumat (8/12/2023).

25 SDM tersebut juga akan diajarkan juga teknik pengemasan, yang akan diajarkan oleh pelatih dari Banyumas.

“Selama pelatihan itu kendala yang dihadapi adalah susahnya mendapatkan sisa-sisa makanan karena kebanyakan sampah sisa makan telah dipungut lebih dulu oleh peternak babi. Untuk itu, rencananya DLH akan berkolaborasi dengan PTFI dalam hal ini privatisasi yakni PJP dan Pangan Sari Utama (PSU) (dalam hal kebutuhan sisa makanan tersebut),” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy