SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU) Rizki Barakah Zam-Zam Mimika menggelar bimbingan Manasik bagi Calon Jamaah Haji (CJH) dan Umrah asal Kabupaten Mimika di Hotel Grand Tembaga, Kamis (11/1/2024).

Kepala Kemenag Mimika, Lucas Yasi mengatakan bahwa  ibadah haji diikuti oleh jutaan jemaah di seluruh dunia, maka Manasik harus dilakukan agar semua  calon jemaah asal Mimika bisa mengetahui aturan yang harus ditaati dan dipenuhi hingga ke tanah Mekkah.

"Untuk jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat dari Kemenag Mimika ada lebih dari 200 orang. Jadi, calon jamaah haji dari Mimika berjumlah 183 orang, tetapi 26 orang saat ini sudah berdomisili di kota lain. Tanggal 15 Januari mendatang akan ada penambahan kuota, sehingga nantinya total Jemaah Haji bisa melebihi 200 orang,” ungkap Lucas.

Sedangkan Ketua KBIHU Mimika, Abdul Muthalib, mengatakan bahwa  manasik haji dilakukan untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji. Ilmu yang harus dibagikan kepada Jamaah merupakan gambaran saat berada di Tanah Suci.

“Manasik haji ini juga sangat penting untuk bisa saling mengenal jamaah haji lainnya,” ujarnya.

Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob meminta agar para calon jamaah haji tetap semangat, karena untuk  mendapat kesempatan naik haji harus menunggu waktu yang lama.

“Kami sangat berharap bimbingan ini terus berjalan, saya perwakilan dari pemerintah mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi KBIHU,” ungkapnya.

Wabup Rettob juga menyampaikan, pemerintah terus berusaha untuk mendukung keberangkatan calon jemaah haji dari Timika dalam hal pelayanan kesehatan dan biaya perjalanan dari lokasi embarkasi.

Wartawan: Evita

Editor: Acik