SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Mimika, Gat Tebay harapkan agar  Paripurna Pembahasan  dan Penetapan APBD anggaran 2024  bisa dilaksanakan secepatnya.

Namun, ia mengaku bahwa jadwal penetapan APBD yang semula diusulkan senilai Rp 7,5 triliun itu tergantung pada putusan Dewan.

“Mudah-mudahan pelaksanaan minggu depan, lebih cepat lebih baik, tetapi semua itu kembali ke dewan lagi, sebab yang menentukan adalah dewan, kami hanya menyiapkan administrasi saja,” ujarnya, Jumat (12/1/2024).

Apabila APBD 2024 selesai ditetapkan, maka akan dilanjutkan  dengan agenda rapat Badan Musyawarah (Bamus), untuk membicarakan agenda Dewan, di tahun 2024. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan kegiatan Resses, tetapi semua itu disesuaikan dengan hasil rapat Bamus itu sendiri.

“Jika kita berbicara pengalaman agenda tahun sebelumnya, maka di awal tahun biasanya dimulai dengan medical check up, Anggota DPRD,” ungkapnya.

Saat ditanyakan soal pengisian kekosongan kursi ketua Fraksi Perindo pasca Meninggalnya Leonardus Kocu, ia menjelaskan, semua kembali kepada kebijakan Fraksi terkait.

“Semua kembali ke Fraksi, bukan kewenangan kami, hal itu sama dengan kekosongan kursi ketua Komisi A, beberapa waktu lalu, yang pada akhirnya keputusan diambil oleh Komisi, untuk menentukan  siapa yang akan duduk sebagai Ketuanya,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Acik