SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga melalui Staf Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Chorneles Mambor sampaikan bahwa  sepanjang tahun 2023 pihaknya telah menerbitkan kartu pencari kerja atau kartu kuning (AK-1) sebanyak 9.187 lembar.

“Januari hingga Desember sebanyak 9187 orang yang melakukan permohonan penerbitan kartu kuning,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (9/1/2023).

Menurutnya, permohonan kartu kuning tahun 2023 lebih banyak dari tahun 2022, yakin  8381 permohonan,  sedangkan  tahun 2023 setiap hari kerja pihaknya bisa menerima permohonan hingga 30 sampai 50 permohonan.

“Yang kita temui itu pelamar banyak, tetapi yang diterima hanya sedikit, seperti Exhibition dan Job Fair 2023 kemarin, belum lagi kalau ada perusahaan yang merekrut pekerja dari luar daerah,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sebagian besar dari pemohon didominasi oleh siswa baru lulusan SMA/SMK. Sebab, rata-rata baru menyertakan bukti kelulusan tanpa menyertakan ijazah.

"Jadi yang membuat permohonan hampir 80 % jenjang SMA, untuk S1 10 %,sisanya itu bisa dihitung dari jenjang SMP dan S2,” jelasnya.

Untuk tahun 2024, dari tangga 3-9 Januari pihaknya telah mengeluarkan surat permohonan sebanyak 86 surat.

“Surat ini juga seharusnya pencaker melapor setiap 6 bulan apabila belum bekerja, dan masa berlakunya hingga 2 tahun, namun kenyataannya, saat mereka butuh dan masa berlaku telah habis baru dilaporkan sehingga kita harus mengeluarkan kartu baru,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Acik