SALAM PAPUA (TIMIKA) – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengharapkan agar penyusunan rencana kerja dan anggaran (RKA) APBD 2024 dipercepat agar pembangunan di Mimika tidak terlambat.

Kepada wartawan, pria yang akrab disapa John Rettob ini menjelaskan bahwa berdasarkan prosedurnya, setelah APBD ditetapkan selanjutnya penyusunan rencana kerja dan anggaran (RKA), kemudian dilakukan evaluasi di Provinsi, dan setelah itu akan dilakukan rasionalisasi serta pembagian dokumen penggunaan anggaran (DPA) ke setiap OPD.

“Saya kira setalah penetapan beberapa waktu lalu, saat ini sementara proses penyusunan RKA . Diharapkan semua proses itu dipercepat, karena kalau tidak, pembangunan kita sangat terlambat,” ungkap Wabup John Rettob usai menghadiri HUT kerukunan keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Selasa (23/1/2024).

Wabup John menjelaskan juga bahwa anggaran khusus gaji pegawai boleh disalurkan saat APBD ditetapkan ataupun sebelum pembagian DPA.

“Tapi saya belum tahu apakah ada surat edaran untuk penggunaan anggaran sebelum APBD ditetapkan, karena untuk gaji itu sangat penting dan itu boleh dilakukan,” katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy