SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika telah menempati kantor baru di Jalan Cenderawasih Timika, sejak Kamis (22/2/2024).

Sekretaris Disdukcapil Mimika, Damaris Tappi mengatakan bahwa sejak tanggal 22 Februari 2024 pelayanan Adminduk di Kantor Disdukcapil pada kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP3 Timika, telah pindah ke kantor baru di Jalan Cenderawasih Timika, dimana kantor baru ini telah diresmikan bersama gedung kantor Dinas lainnya oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

“Hari ini kita sudah aktif melakukan pelayanan di kantor baru,” ujar Damaris kepada salampapua.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/2/2024).

Ia menjelaskan, kantor baru Disdukcapil ini memiliki tiga lantai, dimana lantai satu adalah Basement, lantai dua merupakan tempat pelayanan, dan lantai tiga adalah sekretariat.

“Di lantai pelayanan, kami menyediakan ruangan nikah untuk catatan sipil, musolah, tempat bermain anak-anak, ruangan bagi ibu-ibu yang menyusui anaknya, dan ruangan inovasi. Semua ruangan memiliki AC,” jelasnya.

Bukan hanya ruangan yang lengkap dengan berbagai fasilitas tersebut, namun Disdukcapil juga menyediakan minuman teh dan kopi gratis untuk masyarakat yang sedang antre mengurus berbagai keperluannya di Disdukcapil.

“Kami berharap dengan gedung dan fasilitas yang baru ini masyarakat bisa merasakan pelayanan dari Disdukcapil, dimana pelayanan kami bisa lebih baik ke depannya. Semua yang kita lakukan untuk pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, seorang warga yang berdomisili di SP2 Timika yakni Sandri saat sedang antre mengurus pembuatan KTP mengaku kantor baru Disdukcapil tersebut sangat nyaman bagi masyarakat, yang tadinya di kantor lama tempat duduknya kurang dan jaraknya yang cukup jauh dari kota.

“Kalau sekarang ini saya rasa kami masyarakat bisa nyaman, kita lihat saja bagaimana pembagian ruangannya sudah diatur, jadi kita tidak bertumpuk di satu tempat seperti kantor lama,” ujarnya.

Warga lainnya yakni Moses yang berdomisili di Kelurahan Timika Indah berharap dengan adanya kantor baru, pelayanan kepengurusan identitas dapat lebih baik dan cepat.

“Semoga saja pelayanannya terus seperti ini, kalau kantor lama itukan jaraknya terlalu jauh sekali, padahal kan urusan-urusan begini kita sering sekali butuh,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy