SALAM PAPUA (TIMIKA) - Koordinator Divisi (Koodiv) Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Budiono mengungkapkan bahwa kotak surat suara dari wilayah pegunungan dan pesisir Kabupaten Mimika telah diterima KPU yang dikumpulkan di Gedung Eme Neme Yauware Timika.

“Jadi sudah ada beberapa kotak surat suara dari wilayah pegunungan dan pesisir sudah begeser ke Gedung Eme Neme Yauware,” ujarnya kepada salampapua.com saat ditemui di Kantor KPU Mimika, Jumat (16/2/2024).

Ia menjelaskan bahwa kotak suara yang telah dikumpulkan di Gedung Eme Neme Yauware adalah dari Distrik Mimika Baru, Distrik Amar, Distrik Tembagapura, Distrik Mimika Barat Jauh dan Distrik Hoya. Sementara untuk Distrik Wania dikumpulkan di gedung Tongkonan.

Untuk wilayah Pesisir yakni Distrik Jita masih belum dikumpulkan, sedangkan untuk wilayah Pegunungan yakni Distrik Jila akan dijemput langsung pihak KPU Mimika.

“Jadi yang Distrik Jita masih terkendala cuaca sehingga kita kirimkan lagi Bama ke sana, kemudian untuk Jila kita yang akan menjemput 26 kotak surat suara di sana,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk pergeseran kotak surat suara ke Gedung Eme Neme Yauware dikarenakan adanya beberapa pertimbangan dari pihak KPU.

“Kendalanya di daerah itu juga kurang adanya penerangan, gedungnya yang kurang besar, dan keamanannya yang menjadi pertimbangkan kita untuk menggeser kotak surat suaranya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy