SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Panitia Pemungutan Suara Distrik (PPD) Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Agus P Ikomou mengungkapkan bahwa saat ini pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 untuk Capres-Cawapres dan DPD RI di Distrik Wania telah selesai dilakukan.

“Memang pada hari pertama perhitungan itu kita agak lampat karena sempat ada keributan bersama saksi-saksi dari Partai, namun langsung kita selesaikan. Di Distrik Wania saat ini rekapitulasi Capres-Cawapres serta DPD RI telah selesai dilakukan, dan yang sedang berjalan saat ini adalah rekapitulasi suara Caleg DPR RI,” ujarnya kepada salampapua.com saat ditemui di tempat pleno rekapitulasi suara untuk Distrik Wania, yang digelar di gedung Tongkonan Timika, Jumat (23/2/2024).

Dia mengatakan, setelah pleno rekapitulasi suara Caleg DPR RI, akan dilanjutkan dengan pleno rekapitulasi suara Caleg DPRD Provinsi Papua Tengah dan kemudian DPRD Kabupaten Mimika. Namun sebelum dilanjutkan, tata tertib (Tatib) pelaksanaan pleno rekapitulasi akan ditegaskan kembali terlebih dahulu, dimana hanya 2 saksi dari Partai yang boleh masuk ke dalam ruangan perhitungan surat suara, tapi hanya 1 saksi yang boleh bersuara.

“Hal ini dilakukan agar pleno rekapitulasi berjalan dengan tertib dan tenang. Ada isu akan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Distrik Wania karena terkait beberapa penemuan (dugaan pelanggaran) di TPS, namun ini masih isu. Saya berharap semua tahapan bisa selesai dijalankan dengan baik dan aman,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy