SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Yohana Paliling mengungkapkan bahwa hampir semua Distrik di Mimika telah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 dan telah diinput setiap usulan ke dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Yohana menjelaskan, pada tahun 2025 nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan berfokus pada pembangunan infrastruktur untuk peningkatan ekonomi berbasis potensi lokal dan penguatan daya saing untuk menuju Mimika unggul, sehingga untuk semua usulan dari Distrik akan didorong pada Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Mimika 2025, yang nantinya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis akan mencocokkan semua program Distrik dan akan dijalankan sesuai dengan pendapatan Daerah.

“Sistem Informasi Pemerintahan Daerah yang dipakai saat ini merupakan sistem mutlak, sehingga pada saat Musrenbang Kabupaten nantinya, program usulan yang dimasukkan tidak dapat diubah seperti sebelumnya. Jadi usulan harus masuk pada saat Musrenbang Distrik, sebab saat Musrenbang Kabupaten, SIPD akan terkunci dan tidak dapat dibuka. Kalau dulu kami masih bisa memperbaiki usulan yang dimasukkan,” ujarnya kepada salampapua.com saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/3/2024).

Dia mengungkapkan, program Distrik yang masuk di antaranya adalah peningkatan pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas dengan berbasis pengembangan kurikulum. Kemudian peningkatan akses dan mutu Kesehatan, peningkatan rumah layak huni bagi masyarakat, akses air bersih dan sanitasi, peningkatan tersedianya energi listrik dan jaringan telekomunikasi. Selain itu juga ada usulan peningkatan penataan kampung dan administrasi pemerintahan Kampung dan Kelurahan.

“Semua program yang diusulkan akan dipilih kembali sesuai prioritasnya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy