SALAM PAPUA (TIMIKA) – Ketua KPU Kabupaten Mimika, Dete Abugau memastikan bahwa pihaknya akan melakukan pleno penetapan Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Mimika, namun saat ini masih menunggu perbaikan data yang terdapat kendala di Sirekap Pemilu.

Dete mengungkapkan bahwa para komisioner KPU Mimika saat ini sedang berada di gedung Eme Neme Yauware dan secara intens memantau perkembangan aplikasi Sirekap yang mengalami gangguan karena data D HASIL tingkat Distrik, khususnya Distrik Mimika Baru, yang belum dapat diinput sepenuhnya.

Dia menjelaskan, setiap D HASIL tingkat Distrik dari PDF berumus diunggah atau diimport datanya ke dalam Sirekap Pemilu, namun kendala yang saat ini dialami adalah bahwa di Sirekap masih ada permasalahan data bertanda ‘merah’ khususnya untuk Data DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Dapil 1 dari Distrik Mimika Baru, dan saat ini tim teknis KPU Mimika sedang melakukan perbaikan.

Untuk dapat mengunduh (mendownload) berita acara atau yang dikenal dengan D HASIL Kabupaten/Kota dari Sirekap beserta lampiran hasil suara setiap tingkatan pemilihan, jika penginputan data telah sukses 100 persen dari semua Distrik dari semua tingkatan pemilihan. Artinya, D HASIL Kabupaten/Kota yang akan dipakai untuk pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten itu secara otomatis hanya dapat diambil atau diunduh dari Sirekap.

“Dengan kata lain, KPU Kabupaten Mimika saat ini belum dapat melakukan pleno penetapan tingkat Kabupaten karena berita acaranya atau D HASIL Kabupaten/Kota belum ada atau belum dapat diunduh dari Sirekap karena ada kendala permasalahan ketidaksesuaian data di Sirekap. Untuk itu, perlu diketahui Aplikasi Sirekap sudah terbuka namun tim teknis kami saat ini sedang berusaha melakukan perbaikan data dari data-data yang bermasalah atau bertanda ‘merah’ tersebut. Setelah semuanya sudah selesai, pasti kami akan menggelar pleno penetapan tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa dirinya bersama 4 Komisioner KPU Kabupaten Mimika lainnya selalu bersifat netral atau tidak memihak ke peserta Pemilu dan tidak mengamankan kepentingan siapa pun.

Pihaknya selalu berkomitmen untuk menjalankan agenda nasional yang saat ini sedang dikejar waktu. KPU berkomitmen dan berkeinginan proses tahapan pleno tingkat Kabupaten cepat selesai hingga pelaksanaan pleno penetapan, namun saat ini pihaknya belum dapat melangkah lebih karena ada permasalahan aplikasi Sirekap tersebut. pihaknya pun selalu berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan KPU RI terkait permasalahan Sirekap tersebut.

“Saya ini anak daerah, saya ini anak kepala suku dan juga kepala suku. Saya tidak akan lari dan mundur. Saya bersama komisioner KPU Mimika lainnya akan menyelesaikan semua tahapan tingkat Kabupaten di sini, baru kemudian kami akan ke Nabire untuk melakukan pleno tingkat Provinsi Papua Tengah,” tegasnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat dan media di Mimika agar tidak menyebarkan informasi-informasi yang provokatif, yang dapat menimbulkan konflik horizontal di masyarakat.

Penulis/Editor: Jimmy