SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Ketahanan Pangan tahun 2024 ini akan melaunching peta kerawanan pangan yang diharapkan mampu menekan angka stunting di Mimika.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Yulius Koga mengatakan bahwa peta kerawanan pangan untuk wilayah Mimika telah dikerjakan tahun 2023, sehingga pada tahun 2024 ini tinggal dilaunching.

“Jelas peta ini sangat bermanfaat untuk mengetahui informasi suatu wilayah yang angka stuntingnya tinggi,” ujarnya kepada salampapua.com, Senin (18/3/2024).

Ia menjelaskan, apabila ingin mengetahui suatu Kampung atau wilayah yang terdapat kasus stunting maka salah satunya harus mempunyai peta kerawanan pangan yang dapat menetapkan suatu wilayah yang kesulitan dalam bahan pokok pangan.

“Nah peta tersebut kita bisa lihat wilayah mana saja yang ternyata kesulitan bahan pangannya dan apabila suatu wilayah kesulitan dalam bahan pangan, maka dipastikan ada kasus stunting di wilayah tersebut,” jelasnya.

Peta kerawanan pangan ini telah dibagikan kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang mengidentifikasi kondisi ketahanan dan kerentanan pangan, sehingga peta ini dapat berfungsi sebagai pemberi bantuan kepada wilayah-wilayah rentan.

“Jadi peta telah kami bagi ke OPD teknis lainnya untuk dipelajari, sehingga bantuan ke depannya bisa tepat sasaran. Diharapkan ke depannya peta ini dapat menekan tingkat kasus stunting di Mimika,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam membuat peta kerawanan pangan tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, dimana pihaknya juga meminta data wilayah yang terdapat kasus stunting.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy