SALAM PAPUA (TIMIKA) – Menanggapi terkait nama-nama Caleg DPRD Mimika yang terpilih dalam kontestasi Pemilu 2024 yang beredar di grup-grup whatsapp (WA) masyarakat Kabupaten Mimika, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob menegaskan agar masyarakat tidak mempercayai informasi yang menyesatkan tersebut.

Wabup John mengatakan bahwa informasi-informasi yang tersebar tersebut merupakan berita-berita yang menyesatkan, berita-berita yang sudah tersebar sejak beberapa hari lalu serta tidak tahu siapa yang membuat dan menyebarkan berita tersebut di seluruh grup WhatsApp.

“Terkait dengan informasi tentang hasil Pemilu 2024 untuk DPRD Kabupaten Mimika yang tersebar di semua WhatsApp group, saya sampaikan kepada seluruh masyarakat dan juga kepada para Caleg dan partai politik agar tidak mempercayai sebaran informasi yang beredar di masyarakat tersebut. Sampai hari ini pleno rekapitulasi di tingkat PPD memang sudah selesai namun pleno di tingkat Kabupaten belum selesai 100 persen dan kita masih menunggu,” ujarnya.

Wabup John mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan percayakan semua proses rekapitulasi hasil Pemilu 2024 kepada pihak penyelenggara Pemilu.

Dia pun meminta kepada semua pihak agar tidak menyebarkan informasi-informasi yang dapat menimbulkan konfilk horizontal di masyarakat.

Di samping itu, Dia juga meminta kepada pihak keamanan, dalam hal ini Polres Mimika, untuk segera menyelidiki pelaku yang dengan sengaja menyebarkan berita yang dapat mengganggu Kamtibmas tersebut.

“Masyarakat harus tetap tenang, kita percayakan semuanya kepada para penyelenggara. Saya imbau kepada seluruh masyarakat supaya hal-hal yang seperti ini tidak dilakukan, mungkin tujuannya bercanda, tapi hal ini dapat mempengaruhi opini publik dan dapat menimbulkan konflik baik antar partai, antar pendukung maupun di internal partai. Saya minta kepada pihak keamanan agar mencari tahu siapa yang membuat dan menyebarkan informasi ini,” tutupnya.

Penulis/Editor: Jimmy