SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PK Hermon Timika, Kabupaten Mimika, mengutus 10 siswa Orang Asli Papua (OAP) asli Amungme Kamoro dan Lima suku kekerabatan lainya mengikuti tes keahlian di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Yayasan SMK PK Harmon Timika, Yulian Salosa mengatakan, SMK Hermon menjadi sekolah yang terpilih mengikuti program dari Kementerian Pendidikan yaitu progam SMK PK Unggulan.

“Sebelumnya ada 100 anak kelas XII yang kami tes untuk mengikuti program ini tapi hanya 10 anak yang mampu dan kompeten. Jadi 10 anak ini akan mengikuti tes Keahlian selama 3 bulan,” ujarnya kepada salampapua.com, Kamis (25/4/2024).

Ia menjelaskan, siswa yang mengikuti tes keahlian ini bersama-sama dengan SMK lainnya Se-Indonesia sesuai dengan jurusan masing-masing, dimana ada beberapa jurusan yaitu Otomotif, Teknik Jaringan Komputer, dan Teknik Geologi Pertambangan, selanjutnya semua siswa Se-Indonesia akan disaring kembali, untuk mengikuti training selama satu tahun di Jepang.

“Mereka berangkat ke Makassar didampingi 6 guru dan setelah mengikuti tes semuanya disaring lagi serta akan dikirim ke Jepang mengikuti training selama satu tahun,” ungkapnya.

Dia berharap semua siswa dapat mengikuti tes dengan baik, sehingga mendapat nilai terbaik dan terpilih mengikuti training di Jepang.

“Karena nanti hanya hasil nilai tes yang menentukan Siswa lanjut ke Jepang, jadi saya berharap mereka bisa mendapatkan nilai terbaik. Setelah mereka training di Jepang, mereka bisa pulang ke Timika dan membawa ilmu dari sana serta dapat dipakai di dunia pekerjaan nantinya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy