SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Anton Bukaleng menyebutkan hingga saat ini dirinya belum menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kabupaten Mimika tahun 2024.

Namun ia memastikan usai melaksanakan medical check up, semua Komisi akan turun lapangan (Turlap) memantau progres pekerjaan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Saya memang belum lihat DPA jadi saya kurang copy untuk pekerjaan OPD, tapi  kami akan lakukan pemantauan usai medical check up,” ujarnya saat dihubungi salampapua.com, Jumat (12/4/2024).

Menurutnya, di dalam sistem beberapa program sudah mulai dijalankan namun dari pantauannya pekerjaan fisik belum berjalan, sehingga dirinya berencana juga akan bertemu dengan Sekertaris Dewan (Sekwan) untuk menyiapkan DPA.

“Setelah ini saya ketemu Sekwan dan langsung minta disiapkan DPA-nya. Jadi saya mau lihat program apa saja yang dijalankan dan belum dijalankan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, usai melakukan pemantauan nanti, Komisi juga akan melakukan rapat bersama Kepala-Kepala OPD sesuai tugas dan fungsinya untuk melakukan evaluasi bersama.

Hasil dari tinjauan dan evaluasi Komisi nantinya akan menjadi acuan penilaian Dewan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Mimika tahun 2024.

“Rencananya APBD-P dibahas di bulan Juni 2024, namun yang jelas kita perhatikan progresnya. Seperti biasa, kalau tidak mencapai target, ya pembahasan APBD-P di undur. Terkait pembahasan APBD Induk 2025 rencananya juga akan dilakukan di bulan Juli,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy