SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Manto Ginting mengungkapkan bahwa Ujian Akhir Sumatif (UAS) tingkat SMA akan dilaksanakan 16-20 April 2024.

Manto menjelaskan, tahun 2024 ini tidak ada lagi ujian akhir sekolah dan ujian akhir nasional bagi SMA, diganti dengan Ujian Akhir Sumatif (UAS), yang berarti penentuan kelulusan adalah kewenangan masing-masing sekolah berdasarkan penilaian siswa setiap akhir semester yang dimulai dari kelas X, XI dan XII, atau penilaian yang dilakukan tiap akhir semester setelah para siswa menyelesaikan program belajar dari suatu bidang studi atau mata pelajaran tertentu selama satu periode.

"Penentuan kelulusan siswa SMA sekarang bukan hanya berdasarkan ujian yang dilakukan selama dua atau tiga jam saja tapi berdasarkan nilainya sejak kelas X sampai kelas XII untuk semua mata pelajaran. Bukan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, yang mana kelulusan siswa berdasarkan hasil ujian akhir itu, karena ujian akhir sekolah dan ujian nasional itu sudah dihapus," ungkapnya, Senin (15/4/2024).

Mengingat penentuan kelulusan secara sumatif, maka diharapkan tidak adanya upaya negatif dari setiap sekolah dan harus menentukan kelulusan sesuai kemampuan sekolah. Hal itu harus dilakukan secara jujur guna menjaga kualitas ataupun mutu masing-masing sekolah, mengingat prestasi setiap siswa di Perguruan Tinggi ataupun di tengah masyarakat akan menentukan mutu masing-masing sekolah asalnya.

"Kalau misalnya satu siswa diluluskan dalam kondisi tidak tahu apa-apa, maka sekolah itu yang nantinya mendapatkan penilaian buruk dari masyarakat atau dari Perguruan Tinggi dimana siswa terkait akan melanjutkan kuliah," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy