SALAM PAPUA (TIMIKA) - Memperingati hari Kartini 2024, 130 anak sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) se-Timika mengikuti lomba mewarnai dan menggambar, yang digelar di Diana Mall Timika, Senin (22/4/2024).

Yulianan yang merupakan orang tua peserta atas nama Kayla Natahni, mengatakan bahwa anaknya merupakan perwakilan dari TK Bhayangkari yang dipilih bersama 4 anak lainnya.

Menurutnya lomba ini sangat baik dan dalam perlombaan anak-anak menggunakan baju Adat, sehingga anak-anak sejak dini diperkenalkan berbagai baju Adat.

“Saya senang sekali anak saya bisa mengikuti lomba ini, dengan mengenakan baju Adat. Anak-anak bisa mengenal bermacam-macam baju Daerah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelum lomba anak-anak diajarkan sejarah tentang RA Kartini, yang dapat mengasah pengetahuan anak-anak tentang perjuangan Pahlawan Kartini.

“Tadi anak-anak juga dibacakan perjuangan Kartini. Saya harap perlombaan seperti ini dapat dilakukan secara berkala, jadi anak-anak tetap mengenal para Pahlawan Indonesia,” ungkapnya.

Begitu juga salah satu orang tua lainnya dari peserta atas nama Aisyah (TK Baitul Quro) mengaku merasa senang dengan adanya perlombaan ini, sebab tidak dipungut biaya sama sekali.

“Saya senang sekali kalau ada perlombaan seperti ini, karena gratis juga. Jadi kami hanya menyewa baju Adat,“ ujarnya.

Menurutnya meski mengeluarkan biaya untuk sewa baju Adat, dirinya tetap bersemangat untuk mengikutkan anaknya, sebab kegiatan seperti ini jarang diadakan.

“Anak-anak juga suka menggunakan baju Adat, jadi kami sebagai orangtua tetap support, apalagi ini kegiatan untuk memperingati Pahlawan kami,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy