SALAM PAPUA (TIMIKA) – Abraham Raweyai yang merupakan pemilik (owner) salah satu hotel di Timika, Kabupaten Mimika ini mengaku pagelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu sangat berpengaruh pada peningkatan pendapatan hotel yang sangat hingga mencapai 70 persen.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) UMKM Mimika Abraham Raweyai mengatakan, pendapatan perhotelan saat Pemilihan Umum (Pemilu) lalu sangat meningkat tinggi hingga 70 persen.

“Memang saat tahapan Pemilu lalu itu pendapatan hote jelas naik, apalagi saat ini Mimika sudah menjadi bagian dari Provinsi Baru, jadi banyak sekali orang dari Pusat yang datang. Memang pendapatan dari 30 persen naik hingga 70 persen,” ujarnya saat ditemui salampapua.com di Hotel Cenderawasih 66 Timika, Senin (15/4/2024).

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Mimika ini mengungkapkan, usai Pemilu pendapatan hotel kembali menurun sebab pendapatan hotel-hotel di Timika paling banyak berasal dari kegiatan-kegiatan yang menggunakan anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Perputaran uang di Timika ini umumnya kan dari Pemkab dan PTFI, tapi saat ini kan APBD 2024 belum berjalan, dan PTFI juga belum ada kegiatan di bulan-bulan ini, jadi jelas pendapatan menurun,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa di Timika pendapatan hotel biasanya akan naik pada tiap bulan Agustus hingga akhir tahun. Hal ini disebabkan Pemkab Mimika baru akan melakukan kegiatan-kegiatan di hotel-hotel.

“Jadi saya berharap Pemkab Mimika bisa memanfaatkan hotel-hotel di Timika sehingga perputaran uang di Timika bisa berjalan dengan baik. Jangan terlalu membuat kegiatan di luar Kota, karena hotel-hotel di Timika juga memiliki fasilitas yang memadai,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy