SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Sekolah Dasar (SD) Inpres Timika IV, Simon Raba mengatakan pihaknya melestarikan Budaya Papua melalui kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul) wajib bagi setiap murid dari Kelas I hingga Kelas VI.

“Kami punya Ekskul bagi anak-anak murid yaitu Ekskul budaya dan seni. Ini kami ajarkan di sore hari satu minggu satu kali, jadi tidak mengganggu proses belajar mengajar,” ujarnya kepada salampapua.com, Kamis (18/4/2024).

Menurut Dia, budaya Papua harus diperkenalkan sejak dini agar tidak punah, dimana yang diajarkan dalam Ekskul tersebut mulai dari sisi budaya dasar, busana, pola hidup hingga seni tari-tarian.

“Mereka kami ajarkan bagaimana membuat busana Papua, tari-tarian Papua, cerita-cerita Sejarah Papua, jadi mereka harus mengetahui bagaimana leluhur dulu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk Ekskul budaya ini telah berjalan selama 3 tahun dan pihaknya dibantu oleh Yayasan Maramowe atau disebut dengan Pengukir Muda, mulai dari buku hingga praktik, semua diajarkan oleh Yayasan tanpa dibayar.

“Kami sangat berterimakasih kepada Yayasan Maramowe, mereka bekerja dengan tulus, dengan hati, untuk anak-anak kami. Kami tidak mengeluarkan biaya sepersenpun untuk mereka, mereka hanya mau anak-anak berkomitmen untuk menginguti Ekskul,” jelasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy