SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 92 Siswa-Siswi kelas XII SMK Yapis Timika dinyatakan lulus dalam ujian akhir sekolah. Bahkan 10 siswa akan mengikuti training atau pelatihan yang akan dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek untuk dasar mengikuti magang kerja di Jepang.

Kepala SMK Yapis Timika, Sahaka Rumagia, SKom MSi mengatakan, tahun 2024 ini pihaknya meluluskan 92 siswa-siswi kelas XII. Sebelumnya ada 94 siswa yang terdaftar di kelas XII, namun di tengah perjalanan 2 siswa tidak dapat dihubungi dan tidak dapat mengikuti ujian, sehingga 2 siswa tersebut dinyatakan tidak lulus.

“Kami sudah berusaha menghubungi 2 siswa tersebut namun memang tidak ketemu, sehingga 92 siswa yang kami nyatakan lulus,” ujarnya.

Menurutnya, 92 siswa yang lulus telah mengikuti beberapa ujian mulai dari praktek di Bulan Februari hingga mengikuti ujian tertulis. Ke-92 siswa tersebut dibagi dalam 2 jurusan yaitu jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) dan jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB).

Dari 92 siswa yang dinyatakan lulus, 10 siswa juga dinyatakan lulus oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, untuk langsung mengikuti training atau pelatihan selama tiga bulan, sebagai dasar mengikuti magang kerja di Jepang.

“Jadi anggaran telah diberikan kepada kami sebesar Rp 150 juta, dan akan dipergunakan untuk biaya training seperti LPK. Kami akan memanggil pihak training dari Jakarta, dan setelah siswa siap dari Jepang akan panggil mereka,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi