SALAM PAPUA (TIMIKA) - DT alias Daeng Tinggi yang merupakan perampok lintas provinsi dan menjadi DPO Polres Mimika akhirnya ditangkap anggota Polres Boalemo, Polda Gorontalo, pada 8 Mei 2024.

Kasatreskrim Polres Mimika, Iptu Fajar Zadiq sampaikan bahwa Daeng Tinggi merupakan komplotan dari dua orang lainnya, yang telah ditangkap di Kilometer 11, Distrik Mimika Timur pada Februari 2024 lalu. Daeng Tinggi berhasil kabur ke wilayah Makassar, Sulawesi Selatan dan sempat berpindah ke daerah lain, hingga akhirnya dibekuk Satreskrim Polres Boalemo Gorontalo.

"Alhamdulillah Rabu kemarin DT sudah ditangkap di Gorontalo. Besok anggota kami dari sini akan menjemput Daeng Tinggi ke Gorontalo. Bersyukur anggota Polda Gorontalo cepat meringkusnya. Kalau tidak Daeng Tinggi ini akan berpindah ke daerah lainnya lagi," ungkap Iptu Fajar, Kamis (9/5/2024).

Sebelumnya dua sindikat lainnya berinisial Ac dan Z berhasil dilumpuhkan Satreskrim Polres Mimika di Kilometer 11 Timika pada Februari lalu.

Daeng tinggi dan dua rekannya itu,  telah beberapa kali melakukan aksi di Timika seperti pecah kaca mobil di Jalan Sam Ratulangi, Jalan Cenderawasih hingga parkiran bandara di tahun 2023.

"Hasil aksi di Timika mereka pakai untuk terbang ke  Makassar, Samarinda dan Surabaya. Mereka juga lakukan aksi yang sama di kota-kota tersebut," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi