SALAM PAPUA (TIMIKA) - Jhon Fernando Rafaen Aliljaman yang merupakan siswa kelas X SMA Negeri 1 Mimika, terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional HUT RI Ke-79 tanggal 17 Agustus 2024 mendatang di Ibu Kota Negara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Bapak Andria Didimus Aliljaman dan Ibu Karolina Wokanubun, yang lebih akrab dipanggil Nando ini lolos seleksi online Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pusat. Dan saat ini giat ikuti latihan bersama puluhan anggota Paskibra Kabupaten Mimika dan Provinsi yang dibina Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Mimika.

Pemilik tinggi badan 176 sentimeter ini menuturkan, dirinya sangat bersyukur bisa terpilih mewakili Kabupaten Mimika ke tingkat nasional, sehingga ia pun berkomitmen untuk menampilkan yang terbaik dan membawa nama baik Kabupaten Mimika. Ia juga giat berlatih mental guna  bisa berbaur bersama perwakilan dari kabupaten dan provinsi lainnya di IKN nantinya.

"Saya tidak menyangka bisa terpilih. Awalnya saya berfikir saya hanya bisa terpilih untuk wakil ke provinsi saja. Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain dan saya dinyatakan lolos ke tingkat nasional. Saya siap membawa nama baik Mimika ke IKN," ujarnya penuh percaya diri saat diwawancarai Salampapua.com, Sabtu (25/5/2024).

Siswa kelahiran 12 Agustus 2008  yang bercita-cita  menjadi anggota TNI Angkatan Darat (AD) ini mengatakan, sejak lama ia gemar berolahraga  seperti push up, sit up dan lari.

"Orang tua sangat bangga dan mendukung saya," tutur pemilik berat 62 kilogram ini.

Sementara Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Mimika, Brigadir Nixon Mehue menjelaskan bahwa Fernando Rafaen Aliljaman terpilih, setelah mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh Kesbangpol sejak November 2023 dan mulai mengikuti tahap latihan gabungan yang dilaksanakan di SMAN 1, SMK Petra dan di halaman Graha Eme Neme Yauware.

Disampaikan, usai tahap selaku, selanjutnya PPI dipercayakan Kesbangpol untuk membina calon Paskibraka yang telah terpilih, sehingga latihan gabungan gencar dilakukan.

"Latihan gencar kita lakukan full setiap minggu untuk anggota Paskibraka kabupaten, terutama untuk adik-adik yang mewakili Mimika ke provinsi dan ke tingkat nasional. Latihan dilakukan tiga kali dalam satu minggu, yaitu Senin, Kamis dan Sabtu," ujar Brigadir Nixon di halaman Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (25/5/2024).

Untuk 10 siswa yang diutus ke provinsi dan  diutus ke tingkat nasional saat ini masih mengikuti latihan bersama Paskibra Kabupaten Mimika hingga semuanya diberangkatkan. Latihan bersama dilakukan supaya terbentuk chemistry di antara semuanya sebagai sesama satu angkatan.

"Saat ini latihan kami tidak beda-bedakan, semuanya sama dan mereka semua harus bangga kalau beberapa di antara mereka ada yang terpilih ke Provinsi dan ke IKN," tegasnya.

Latihan yang diberikan, selain PBB juga guna membentuk karakter dan kekompakan serta membina keakraban. Ke depannya, untuk memantapkan latihan, juga akan dilibatkan pelatih dari kesatuan TNI dan Polres Mimika sesuai petunjuk Kesbangpol.

"Kita latih dari hal-hal terkecil untuk menumbuhkan kekompakan di antara mereka," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi