SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika melalui Kasi Intelijen, Royal Sitohang mengingatkan, agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus gunakan anggaran dengan baik.

"KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu harus pergunakan anggaran Pemilu dengan baik, karena anggaran yang diberikan cukup besar," ungkap Royal yang hadir dalam kegiatan Koordinasi Dan Evaluasi Desk Pemilu Dan Pemilukada Serentak 2024 di Hotel Cendrawasih 66, Selasa (28/5/2024).

Sebagai penyelenggara Pemilu, dua lembaga tersebut diingatkan gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh penyelenggara tingkat bawah. Contoh, pembenahan tingkat TPS harus dimatangkan, agar tidak mengganggu jalannya proses pemilihan lantaran adanya kekurangan -kekurangan.

"Kalau di tingkat TPS dengan perangkatnya disiapkan dengan baik, maka saya pikir tidak akan ada masalah," jelasnya.

Diingatkan juga, dua lembaga ini harus sejalan dan selalu jalin koordinasi bersama Gakkumdu dan seluruh pihak, yang bermitra dalam menangani pengaduan pelanggaran, sebelum kemudian dilanjutkan ke tingkat berikutnya.

"Permasalahan di TPS itu yang paling banyak mulai dari kurangnya surat suara dan yang lainnya. Jadi semua itu harus diawasi dan dikoordinasikan bersama," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi