SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024, Kepala Sekolah SMPN 3 Timika, Andarias mengharapkan agar perhatian Pemkab Mimika melalui Dinas Pendidikan (Disdik) tidak hanya fokus untuk sekolah di wilayah kota, tetapi harus merata hingga ke sekolah di pesisir dan pedalaman.

Andarias menyatakan bahwa sejak dibangun tahun 1996, sekolah yang terletak di Kampung Limau Asri, SP 5 itu tidak pernah direnovasi dan tanpa pagar keliling. Sedangkan sekolah-sekolah negeri lainnya di wilayah Kota Timika dikelilingi pagar tembok yang bagus.

"Perhatian pembangunan pendidikan di Mimika harus merata, jangan prioritaskan di kota saja, tapi di pinggiran juga perlu dibangun. Memang ada perhatian untuk sekolah negeri di pinggiran, tapi tidak sebanding yang di wilayah kota. Sekolah pernah direnovasi, tapi tidak secara keseluruhan. Gedung sekolah ini dibangun saat masih merupakan bagian dari Fak-fak," ujarnya.

Akibat tidak adanya pagar keliling, menurut Andarias, banyak warga yang bebas masuk dan keluar ke dalam komplek sekolah, bahkan  ruangan kelas dijadikan sebagai WC.

Andarias juga mengaku, di Hardiknas 2024 pihaknya tidak banyak melakukan kegiatan, tetapi hanya melaksanakan apel bersama dengan pakaian adat masing-masing daerah.

"Hari ini kami hanya laksanakan apel besama,  siswa dan guru mengenakan pakaian adat perwakilan masing-masing daerah," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Sampe S