SALAM PAPUA (TIMIKA) - Junius Waker alias Lupa Waker, anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditangkap di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, tanggal 22 Mei 2024 lalu ternyata terlibat dalam aksi penembakan terhadap seorang warga negara asing (WNA) di Kuala Kencana, 27 Maret 2020 lalu.

Selain menewaskan WNA asal New Zealand atas nama Graeme Thomas Weal, aksi Junius Waker dan kawan-kawan waktu itu berhasil melukai dua karyawan PT Freeport lainnya atas nama Jibril MA Bahar dan Ucok Simanungkalit.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani dalam rilisnya, Selasa (21/5/2024), bahwa Junius Waker merupakan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni dan sudah bergabung sejak tahun 2015.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr. Bayu Suseno saat memberikan keterangan melalui rilis menyampaikan, selain melakukan aksi penembakan di wilayah Kuala Kencana, Junius Waker juga terlibat dalam aksi penembakan mobil LWB putih di MP 69,  serta pada 3 November 2017, serta aksi penembakan terhadap anggota TNI Ops Nemangkawi dan  mengakibat satu anggota TNI meninggal dunia dan tiga lainnya luka-luka pada 19 Desember 2019.

"Ya tersangka Junius Waker masih berada di Posko Ops Damai Cartenz di Timika untuk menjalani proses pemeriksaan, guna mengetahui peranannya di KKB Puncak Pimpinan Goliath Tabuni,” pungkas Bayu.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi