SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Timika, Kabupaten Mimika, menyelenggarakan lomba fashion show yang diawali dengan upacara bendera di halaman sekolah, Kamis (02/05/2024).

Kepala Urusan (Kaur) Kesiswaan pada SMP N 2 Timika, Paul Berno mengatakan, memperingati Hardiknas tahun 2024, pihaknya menggelar lomba fashion show untuk para siswa kelas VII dan VIII yang terdiri dari 22 kelas. Dan yang menjadi model dalam perlombaan sebanyak 30 siswa.

“Anak-anak menggunakan barang bekas dari koran, plastik, dan botol bekas untuk membuat gaunnya. Ini lebih kepada mengajarkan anak-anak nilai edukasi, artinya mereka lebih menghargai bahan bekas dapat didaur ulang dan memiliki nilai seni tersendiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk persiapan pembuatan gaun perlombaan dilakukan selama 2 minggu. Sedangkan kriteria penilaian dilihat dari segi bahan yang dipakai, benar-benar dari bahan bekas. Kemudian kekompakan setiap kelas dan juga bentuk gaunnya.

“Kami akan menilai serta memberikan hadiah untuk juara 1-6, dan gaun akan kami simpan sebagai bukti anak-anak punya kreativitas,” ungkapnya.

Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional ini diharapkan dapat memberikan makna tersendiri yang mendalam terhadap kemajuan pendidikan baik formal maupun informal di Mimika.

Penulis: Evita

Editor: Sampe S