SALAM PAPUA (TIMIKA) - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas berkunjung ke markas Papua Football Academy (PFA) di Mimika Sport Complex (MSC), Mimika, Papua Tengah, Kamis (6/4/2023).

Kedatangan Tony Wenas ke Timika bersama rombongan dari Jakarta yakni manajemen perusahaan dan sejumlah mantan petinggi PTFI dalam rangka perayaan Ulang Tahun PTFI ke-57 yang jatuh pada 7 April 2023.

Hadir juga public figure seperti Dwiki Dharmawan, Ita Purnamasari, hingga Andre Hehanussa yang mengagumi fasilitas olahraga di Mimika Sport Complex.

Dalam kesempatan itu, Tony Wenas mendapatkan penjelasan mengenai keberadaan serta perkembangan Papua Football Academy dan Pelatnas Atletik Desentralisasi Mimika yang bermarkas di Mimika Sport Complex oleh Direktur PTFI, Claus Wamafma.

Mantan vokalis dan musisi Band tahun 80-an bernama “Solid 80” ini mengaku selalu mengikuti perkembangan PFA, berapa banyak anak-anak yang bertanding dan apa saja hasilnya. Dirinya bahkan mengetahui sudah adanya perhatian dari klub-klub sepakbola Indonesia untuk anak-anak PFA.

Dia pun menceritakan pembicaraan dirinya ketika bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo, baru-baru ini di Jayapura.

"Secara khusus, Pak Presiden menanyakan bagaimana perkembangan PFA. Perhatian beliau sangat besar pada pengembangan sepak bola, termasuk di Papua," kata Tony Wenas.

Tony menegaskan bahwa kalimat "dari tanah Papua untuk Indonesia" bukan hanya sebagai slogan belaka, namun PFA nantinya dapat berkontribusi pada perkembangan sepak bola nasional.

"Selain skill meningkat dengan baik, saya sungguh berharap anak-anak PFA hidup semakin disiplin dengan mental yang baik serta tidak meninggalkan pelajaran di sekolah," tutur Tony.

Pada kesempatan itu, Direktur PFA Wolfgang Pikal juga turut memaparkan perkembangan 30 siswa di tahun pertama ini. Dari aspek teknis hingga pembangunan karakter guna menjadi modal masa depan pemain ketika nanti terjun di tengah masyarakat.

Hujan gerimis yang menyambut kedatangan rombongan di Mimika Sport Complex tidak mengurangi keseruan kegiatan. Para tamu menyempatkan diri melihat anak-anak PFA dan atlet atletik saat berlatih.

Papua Football Academy merupakan akademi sepak bola yang dikhususkan bagi putra Papua hasil pencarian bakat dengan dukungan penuh PT Freeport Indonesia. Di tahun pertama, terdapat 30 siswa yang lolos dari seleksi di tiga kota, yakni Timika, Merauke, dan Jayapura.

Editor: Jimmy