SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Urusan Logistik (Bulog) KCP Timika menyebutkan hingga kini harga komoditi Minyakkita tidak mengalami kenaikan dan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Kepala Bulog KCP Timika, Riyadi Muslim mengatakan bahwa berdasarkan pantauan di lapangan harga-harga Minyakkita dari Bulog tergolong aman, tidak adanya kenaikan harga.

“Setiap 1 minggu sekali kami melakukan pemeriksaan pada Rumah Pangan Kita (RPK) di mana harga yang dijual semua normal, tidak ada kenaikan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/6/2023).

Riyadi menjelaskan, di pasar Sentral Timika banyak pedagang yang menjual di atas harga HET, bisa dipastikan itu bukan RPK Bulog.

“Di pasar Sentral Timika itu hanya ada 4 RPK kami, jadi kalau banyak yang menjual di atas harga HET itu bukan tanggung jawab kita, bisa jadi mereka ambil di tempat lain bukan Bulog yang satu-satunya sebagai pemasok minyak di Timika,” jelasnya.

Menurut Dia, stok Minyakkita memang sangat terbatas. Untuk bulan ini saja stoknya sisa 19.000 liter dan disediakan untuk pelaksanaan Gerakan Pasar Murah (GPM) menjambut Idul Adha.

“Kita punya stok sisa 19.000 liter itu pun hanya untuk GPM. Minyakkita memang agak sulit, untuk Bulan depan pun kita hanya dapat slot 1 Kontener,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy