SALAM PAPUA (TIMIKA) – Di tanah kaya dan indah ini, di tanah Papua di Mimika, kami ikut membangung Negeri, demi lestari alam ciptaan-Nya…

Itulah penggalan lagu berjudul “Lestari Tanah Mimika” gubahan Gesang Setyadi, Vice President (VP) Environmental Division (Divisi Lingkungan) PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sebagai music arranger di lagunya tersebut, Gesang menggandeng Ajier Tabriz Effendy salah satu arranger terbaik Indonesia, dan juga Denny Saba personil ME Voices serta pencipta lagu “Inikah Cinta” sebagai vokal director.

Sementara yang menyanyikan lagu yang merupakan lagu ketiga dari hasil karyanya ini adalah para karyawan Divisi Lingkungan PTFI, yakni Roberth Sarwom (Lowland Reclamation & Project), Ricky Seo (Lowland Reclamation), Ramendra Manurung (Highland Reclamation), Yohanes Eric (Safety), Mikha Silaban (Administration-Lowland), Kristina Wijaya (Administration-Highland), Agnestina Piri (Lowland Reclamation), dan Aprina Wahyuningtyas (Biodiversity & Coservation).

Kepada salampapua.com, Senin (19/6/2023), Gesang menceritakan latar belakang sehingga dia menulis lagu tersebut yang dilakukannya secara spontan.

“Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis lagu tentang Papua, tentang Mimika. Kemudian pada tanggal 18 Maret 2023 itu ada gathering Enviro, dan di situ manajemen diminta untuk perform sehingga saya membuat lagu itu sebagai semangat juga bagi teman-teman (di Environmental Division PTFI) untuk tetap melakukan upaya-upaya kelestarian lingkungan di Mimika. Ya secara tiba-tiba saya buat lagu itu saat diminta perfom,” ungkapnya.

Dia pun mengaku lagu tersebut dibuatnya sebagai dedikasinya bagi tanah Papua secara khusus Kabupaten Mimika dan juga bagi seluruh karyawan Divisi Lingkungan PTFI, dimana Divisi ini mempunyai kontribusi nyata untuk menjaga dan melestarikan alam Papua, termasuk di Kabupaten Mimika.

“Saya melihat teman-teman yang bekerja di PTFI khususnya di Divisi Lingkungan ini, mereka memiliki dedikasi yang luar biasa, mereka sangat concern bekerja. Orang mungkin melihat Freeport ini karena merupakan perusahaan tambang ya, jadi secara umum dianggap merusak lingkungan. Tapi dengan lagu ini saya ingin menunjukkan juga bahwa Freeport tetap bertanggungjawab serta melakukan banyak upaya untuk meminimalkan dampak lingkungan yang terjadi dan ada individu-individu yang bekerja begitu tekun, yang luar biasa dan sangat peduli terhadap lingkungan,” tuturnya.

Video clip lagu “Lestari Tanah Mimika” dapat dilihat pada akun IG gesang_setyadi

Penulis: Jimmy