SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito yang juga merupakan Plh Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Tengah akan mengajukan kepada Ketua KONI Papua Tengah Ribka Haluk terkait pelantikan pengurus KONI Kabupaten Mimika.

“Saya akan segera mengajukan permintaan pelantikan kepada Ketua KONI Papua Tengah sehingga kepengurusan di KONI (Mimika) bisa berjalan dengan baik,” ujarnya, Selasa (29/8/2023).

Valent mengaku kepengurusan KONI Mimika yang sudah ada sekarang sudah lengkap dan tinggal menunggu pelantikannya.

“Kalau Ketua terpilih masih tersandung masalah maka semua urusan dan keputusan nanti kita serahkan kepada Provinsi, tapi yang jelas kita doakan bersama-sama semoga beliau bisa segera menyelesaikan permasalahannya,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua I KONI Papua Tengah Cesar Avianto Tunya mengatakan, terkait pelantikan Ketua KONI Mimika pihaknya akan lebih dahulu berkoordinasi dengan KONI Pusat.

"Karena kalau keabsahan sudah waktu itu, tinggal ini mau apa? Mau ganti? Atau seperti apa? kalau mau begitu pasti kandidat-kandidat ini kepentingan politik," tuturnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Ditanya soal alternatif kemungkinan solusi yang akan diambil, dirinya menyebut bisa ditunjuk seorang Plt (pelaksana tugas).

"Bisa Plt saja toh kalau Ketuanya bermasalah, tetapi itu tergantung, saya tidak mau menjudge, meski aturannya saya tahu, tapi kita nanti juga minta masukan ke KONI Pusat seperti apa, bagaimana mereka melihat itu," terangnya.

Tidak kunjung dilantiknya Ketua KONI Mimika, kata Cesar, karena beberapa waktu lalu tidak ada kecocokan waktu antara Ketua Umum KONI Papua Tengah dan Ketua KONI Mimika terpilih Johannes Rettob.

"Waktunya tidak dapat, ketika waktunya sudah siap ditahan Kemendagri, waktu itu saya minta saya mau lantik, ketua umum di sini (Mimika) tidak mau, maunya Pj Gubernur, akhirnya kita tunggu dan diundur lagi," ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy