SALAM PAPUA (TIMIKA) – Tim Bola Voli Siswa Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) mewakili Kabupaten Mimika berhasil meraih Juara 1 pada Kejuaraan Olahraga tingkat pelajar Multi Event dan Single Event se-Provinsi Papua Tengah Tahun 2023.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika melalui Kepala Seksi Olahraga, Pendidikan dan Sentra Olahraga sekaligus Ketua Rombongan Kontingen Kabupaten Mimika, Johanis R. Mandessy menyerahkan hadiah dari panitia Multi Event & Single Event se-Provinsi Papua Tengah berupa Piala dan Uang Tunai sebesar Rp 10 juta kepada Official Tim Voli SATP, pada Rabu (2/8/2023).

Johanis mengungkapkan, Disporapar Kabupaten Mimika memberi apresiasi setinggi-tingginya dan berterima kasih atas kerja keras, semangat, dan prestasi yang dicapai Tim Voli SATP pada event tingkat Provinsi tersebut.

"Kami pemerintah sangat berterima kasih dan bangga dengan adik-adik. Pesan kami tetap tingkatkan prestasi, tetap latihan, tingkatkan kualitas pendidikan dan olahraga," ungkap Johanis.

Sementara itu mewakili Yayasan Pendidikan Lokon (YPL), Wakil Kepala YPL Bidang Pendidikan dan Pembinaan, Oktavianus V. Rori turut menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Mimika melalui Disparpora yang telah memberi kesempatan kepada siswa SATP untuk dapat mengasah kemampuan dan berprestasi di tingkat Provinsi.

"Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas olahraga yang telah memberikan dukungan bagi anak-anak kami untuk berprestasi dalam perlombaan Volley Ball di tingkat Provinsi," ujarnya.

Atas nama Pimpinan YPL, Dia juga menyampaikan terima kasih kepada YPMAK sebagai Pengelola dana Kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang selalu memberikan dukungan terbaik bagi mutu dan martabat pendidikan Anak Amungme-Kamoro dan lima Suku Kerabat di SATP.

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SATP, Johana Tnunay mengaku bangga karena SATP mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mewakili Kabupaten Mimika pada event olahraga tingkat Provinsi tahun ini.

Menurut dia, para siswa memiliki kemampuan yang mumpuni dan hal ini tidak lepas dari bakat, kemauan keras untuk berlatih dan pendampingan intensif dari para pelatih.

"Ini satu gambaran bagi kami untuk menunjukkan kepada dunia bahwa anak-anak kami dari Suku Amungme, Kamoro, dan Lima Suku Kerabat lainnya juga mampu bersaing," kata Johana.

Sedangkan Pelatih Tim Voli SATP, Elifeled Awendu pun bersyukur dan berterima kasih atas dukungan penuh YPL kepada Tim Voli yang diasuhnya.

“Saya bersama tim pendamping esktrakurikuler Voli SATP akan terus memberikan pelatihan dan motivasi kepada para siswa untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan mereka semakin lebih baik lagi,” ungkapnya.

Diketahui, SATP itu sendiri merupakan sekolah berpola asrama tingkat SD dan SMP, secara khusus bagi anak-anak 7 Suku di Kabupaten Mimika yakni Suku Amungme, Kamoro dan 5 suku kekerabatan lainnya, yang saat ini dikelola oleh YPL mitra pendidikan YPMAK selaku Pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy