SALAM PAPUA (TIMIKA) - Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Mimika berhasil meraih Juara Umum dalam kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2023 yang digelar oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Mimika.

Dewan Cabang PSHT, Mohamad Bazar mengatakan, kemenangan yang diterima PSHT sebagai motivasi bagi pengurus dan atlet untuk tetap semangat dalam melestarikan Budaya Pencak Silat.

“Anak-anak PSHT latihan selama dua bulan untuk mengikuti kejuaraan ini. Pada Bupati Cup sebelumnya, PSHT juga mendapatkan juara 1 umum, ini merupakan suatu motivasi untuk kami lebih baik ke depannya,” ujarnya usai penutupan kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2023, Jumat (1/9/2023).

Ia menjelaskan, berdasarkan kelas dan kategori PSHT menyabet 8 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Ia berharap atlet-atlet yang menang dapat mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

“Seperti empat tahun yang lalu, kegiatan kejuaraan ini sebagai wadah untuk menyaring atlet-atlet yang ikut dalam PON, tetapi semua masih harus dikoordinasikan dengan KONI Papua Tengah. Saya berharap anak-anak ini bisa kembali bertanding di PON XXI,” harapnya.

Sementara itu Ketua IPSI Mimika, Muhammad Nurman S Karupukaro usai menutup Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2023 menegaskan, Bupati Cup ini juga sebagai ajang seleksi atlet untuk Pra PON dan PON XXI.

“Kami masih menunggu kuota untuk mewakili Papua Tengah, kalau Nabire sudah siap ya kuotanya kita bagi, kalau Nabire tidak siap berarti atletnya dari Mimika semuanya untuk mengikuti PON,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy