SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pj Sekda Mimika Dominggus Robert Mayaut mengungkapkan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mimika Tahun 2024 diperkirakan mencapai Rp 7,5 Triliun.

“Jadi kami saat di Jakarta telah evaluasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait APBD Induk 2024, dan perkiraan diangka Rp 7,5 triliun,” ujarnya saat ditemui di Pusat Pemerintahan Kabupapten Mimika, SP3 Timika, Selasa (14/11/2023).

Robert menjelaskan, saat ini proses APBD Induk Mimika tahun 2024 telah masuk dalam tahapan penyerahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dari Pemerintah kepada DPRD Mimika.

“Kemungkinan besok baru kita serahkan KUA-PPAS-nya sehingga bisa dipelajari DPRD,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, APBD Mimika 2024 akan difokuskan pada peningkatan Kesehatan dan Pendidikan di Kabupaten Mimika, terutama di daerah pegunungan dan pesisir.

“(Pembagian) APBD ini 20 persen untuk Dinas Kesehatan, 20 persen untuk Dinas Pendidikan, 10 persen untuk Inspektorat, 0,5 persen untuk penekanan inflasi, ada juga buat Distrik-Distrik. Kalau Distrik usulannya dalam Kota Rp 7 Miliar, kalau wilayah pedalaman Rp 10 Miliar,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy