SALAM PAPUA (TIMIKA) – Exhibition and Job Fair 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah dan berlokasi di Timika, Kabupaten Mimika, tepatnya di halaman hotel Horison Ultima, resmi dibuka oleh Asisten III Setda Pemprov Papua Tengah Elisabeth Cenawatin mewakili Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, pada Selasa (7/11/2023).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disnakertrans & ESDM) Papua Tengah ini, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Pemprov Papua Tengah Elisabeth Cenawatin bahwa dari perspektif ketenagakerjaan berdasarkan data Papua dalam angka tahun 2022, dari 8 Kabupaten di wilayah Papua Tengah, jumlah pengangguran terbuka sebanyak 14.886 orang, dimana yang terbesar ada di Kabupaten Mimika sebesar 6.338 orang dan disusul Kabupaten Nabire sebesar 2.752 orang.

“Ini memberikan gambaran bahwa jumlah pengangguran di Provinsi Papua Tengah tergolong tinggi sehingga penguatan pelatihan vokasi merupakan suatu respon kebijakan dalam rangka memenuhi permintaan angka kerja di berbagai sektor industri, sektor jasa dan pasar kerja yang semakin kompetitif,” ungkapnya.

Berbagai macam cara yang dilakukan Provinsi Papua Tengah dalam mengatasi pengangguran, salah satunya menyelenggarakan bursa atau pasar kerja, menyelenggarakan kegiatan ekonomi informasi, meningkatkan keterampilan tenaga kerja, meningkatkan mutu pendidikan, mendirikan pusat-pusat pelatihan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka program transmigrasi, memperluas lapangan kerja, mengembangkan ekonomi UMKM, serta mengatasi pengangguran di Papua Tengah melalui Kementerian Dalam Negeri dengan pembentukan Satgas Pengangguran yang memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja melalui peraturan Gubernur.

Dia pun berharap dengan ada kegiatan ini dapat menurunkan angka pengangguran khususnya di Kabupaten Mimika. Dalam permasalahan-permasalahan sosial ekonomi yang terjadi akibat pengangguran, pemerintah melakukan langkah-langkah konkret untuk menjembatani para pencari kerja dengan permintaan pasar kerja.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh perusahaan dan investor yang turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. Saya titipkan harapan kepada semua stakeholder dan juga Satgas untuk serius dalam menanggulangi pengangguran di Daerah ini,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy