SALAM PAPUA (TIMIKA) - Turnamen basket putra “Waanal 3x3 Tournament” tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Mimika yang diselenggarakan oleh Waanal Caffee and Waanal Service di Lapangan Basket Waanal, SP3 Timika, Kabupaten Mimika, resmi ditutup pada Sabtu sore (11/11/2023).

Kegiatan dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023 ini berlangsung sangat meriah dan penuh antusiasme dari setiap peserta yang merupakan bibit-bibit unggul pemain basket di Kabupaten Mimika.

Ada 17 Tim SMP dan SMA di Kabupaten Mimika yang ikut bertanding dalam Waanal 3x3 Tournament ini, yaitu SMP YPJ Kuala Kencana a-b, SMA YPPK Tiga Raja, SMP Kalam Kudus a-b, SMKN 1, SMAN 1 a-b, SMP Shining Stars, SMK Tunas Bangsa, SMP YPJ Tembagapura a-b, SMA Shining Stars, SMA Kalam Kudus a-b, SMP Petra.

Ada pun yang berhasil meraih Juara I tingkat SMP pada turnamen ini adalah tim basket putra dari SMP YPJ Kuala Kencana dan sebagai Runner Up adalah SMP Kalam Kudus Timika. Sedangkan untuk tingkat SMA, Juara I diraih tim basket putra SMAN 1 Mimika dan sebagai Runner Up adalah SMKN 1 Kuala Kencana. Sementara untuk pemain terbaik atau most valuable player (MVP) tingkat SMP diraih pemain dengan nama panggilan Dede dari SMP YPJ Kuala Kencana, dan MPV tingkat SMA diraih pemain dengan nama panggilan Rio dari SMAN 1 Mimika.

Menaiknya, pada laga semifinal dan final, turut dihadiri langsung oleh tiga dari Four Brothers yakni Joe Rambo, Jason dan Randy Manurung, minus Ray Manurung yang sedang berada di luar negeri yang melaksanakan kegiatan lain. Four Brothers merupakan owner induk perusahaan Amiete Papua Group (APG) yang membawahi 8 perusahaan, sebagai penggagas terselenggaranya kegiatan yang mengakomodir pengembangan bakat anak-anak muda di Kabupaten Mimika khususnya di bidang olahraga basket ini.

Di tengah kepadatan kegiatan khususnya dalam persiapan Waanal Brothers FC (WBFC) Mimika yang akan bertanding di Liga 3 Papua di Jayapura, Four Brothers menyempatkan diri untuk tetap hadir pada turnamen tersebut sebagai bentuk dukungan penuh dan sekaligus wujud keseriusan dalam menumbuhkembangkan bibit-bibit unggul bakal atlet olahraga basket yang bisa mewakili Kabupaten Mimika ke depan.

Mewakili Four Brothers, Randy Manurung berterima kasih kepada Ketua PERBASI Mimika Cesar Tunya dan seluruh rekan-rekan PERBASI Mimika, termasuk Wasit, yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. Diharapkan kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut ke depannya.

Randy juga menyampaikan permohonan maaf kepada semua peserta atas beberapa kekurangan yang terjadi pada saat kegiatan berlangsung.

“Permohonan maaf Saya juga untuk semua anak-anakku peserta Waanal 3x3 dan juga coach serta manager dimana tadi ada missed yang terjadi namun atas pengertian dan kebesaran hati, semua bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara mewakili Ketua Panitia kegiatan John Nicholaas, Ega yang juga merupakan karyawan PT Bamanat Amiete Papua sebagai salah satu anak perusahaan APG, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut turut didukung PERBASI Mimika serta toko Undergras dan Paceoutdoor.

“Wasit yang memimpin pertandingan semuanya dari PERBASI Mimika, yakni coach Sofian sebagai koordinator wasit, coach Aditia, coach John, coach Uya,” tuturnya.

Penulis/Editor: Jimmy