SALAM PAPUA (TIMIKA) – Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif Kabupaten Mimika hari ini, Selasa (16/4/2024), telah masuk pada tahapan seleksi manajerial dan sosial Kultural.

Seleksi terbuka ini secara resmi dibuka Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni didampingi Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika Evert Lukas Hindom, yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Timika, Papua Tengah, Selasa (16/4/2024).

Seperti diberitakan sebelumnya, nama-nama pegawai ASN yang dinyatakan lolos seleksi administrasi adalah

  1. Abraham Kateyau,S.E,M.H
  2. Michael Rooney Gomar,S.STP,M.Si
  3. Ronny Stepanus Marjen,S.STP
  4. Ir. Yohana Paliling,M.Si

Mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat membuka kegiatan tersebut, Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni dalam sambutannya mengatakan, hari ini keempat kandidat akan melakukan tahap seleksi manajerial dan sosial Kultural.

“Kami sangat mengapresiasi BKPSDM Kabupaten Mimika dan semua Pansel yang bekerja keras dalam setiap tahapan untuk mendapatkan Sekda Definitif (Kabupaten Mimika). Kami berharap Pansel bisa bekerja secara profesional,” ujarnya.

Dia berharap yang nantinya terpilih sebagai Sekda Definitif dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik serta bertanggung jawab atas pekerjaannya.

“Kami semua berharap yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan baik,” ungkapnya.

Sementara Plt kepala BKPSDM Mimika, Evert Lukas Hindom mengatakan bahwa pelaksanaan Seleksi Terbuka ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Jadi tim penilai (Panitia Seleksi/Pansel) yang datang dari BKN RI. Sebelumnya kita datangkan dari Jayapura tepatnya dari Universitas Cenderawasih (Uncen), namun KASN minta datangkan tim dari Pusat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, usai melakukan tahapan Seleksi Manajerial dan Sosial Cultural, lima hari kemudian Pansel akan mengumumkan hasilnya.

Berdasarkan surat Pansel nomor 06/PANSEL-JPTP/IV/2024 tanggal 2 April 2024, disebutkan rincian tahapan seleksi terbuka sebagai berikut:

  1. Pengumuman lowongan jabatan = 13-27 Maret 2024
  2. Penerimaan berkas = 13-28 Maret 2024
  3. Seleksi administrasi = 2 April 2024
  4. Pengumuman hasil seleksi administrasi = 3 April 2024
  5. Seleksi kompetensi manajerial dan sosial cultural = 16-17 April 2024
  6. Pengelolahan dan Pengumuman hasil Uji Kompetensi manajerial dan sosial cultural = 18-22 April 2024
  7. Penulisan makalah = 23 April 2024
  8. Presentasi dan Wawancara = 24 April 2024
  9. Penyampaian hasil seleksi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (Bupati) Kabupaten Mimika = 25 April 2024
  10. Penyampaian hasil pelaksanaan seleksi kepada KASN = 26 April 2024

Penulis: Evita

Editor: Jimmy