SALAM PAPUA (TIMIKA) - Anak muda suku Amungme diajak untuk tidak menjadi kuda tunggangan karena diberi mandat oleh forum tertentu yang mengatasnamakan masyarakat tapi untuk kepentingan diri sendiri.

Amungme Nagawan Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa), Menuel Jhon Magal menegaskan bahwa seluruh masyarakat khususnya anak muda Amungme tidak boleh lepas dari Lemasa, sebab Lemasa merupakan wadah letaknya harga diri, melindungi nilai adat, melestarikan budaya dan memperjuangkan hak hidup orang Amungme.

"Anak muda Amungme stop main-mainkan lembaga adat, spalagi kalau hanya mendapat mandat dari lembaga lain yang mengatasnamakan masyarakat Amungme, itu berarti sama saja didikte orang lain di atas tanah sendiri. Jangan mau dijadikan tunggangan hanya karena diberi mandat oleh forum yang hanya menjual nama masyarakat saja," ungkapnya kepada salampapua.com, Selasa (28/11/2023).

Menuel mengatakan, masyarakat Amungme harus tahu bahwa lembaga adat yang ada di Timika hanya Lemasa versi Musdat untuk Amungme dan Lemasko untuk orang Kamoro. Dua lembaga itu dibentuk sebagai pemerintahan adat dan bukan untuk kepentingan perorangan, tapi untuk kepentingan seluruh masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan, menjadi anak muda Amungme yang intelektual harus dibuktikan dengan bertindak dan berperilaku yang baik, punya konsep, ide dan kemampuan agar tidak salah langkah sehingga orang lain pun segan.

"Jadi tidak ada lembaga lain yang masuk mengatasnamakan masyarakat Amungme. Jangan melacurkan diri ke lembaga atau forum lain atas nama masyarakat, karena sudah ada Lemasa. Begitupun Lemasko bagi orang suku Kamoro," ungkapnya.

Lemasa juga menjalin kemitraan bersama lembaga atau kerukunan lainnya. Hal itu dibuktikan  selama ini Lemasa selalu menjalin hubungan bersama aliansi masyarakat Nusantara.

"Jangan sampai anak Amungme ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan di luar kepentingan masyarakat Amungme. Masyarakat jangan terpecah-belah dengan mandat-mandat forum ataupun aliansi yang tidak jelas," tegasnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy